Disdik Papua Tak Tahu Ada Guru yang Belum Terima Haknya

Disdik Papua Tak Tahu Ada Guru yang Belum Terima Haknya

Suasana pertemuan Komisi V DPR Papua bersama Dinas Pendidikan Papua di salah satu hotel di Kota Jayapura, Kamis (22/03)

Metro Merauke – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Papua menyatakan, selama ini tidak mengetahui masih ada guru SMA/SMK beberapa kabupaten yang belum menerima pembayaran gaji, tunjangan maupun jatah beras selama Januari-Fabruari 2018.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda mengatakan, pihaknya baru mendengar hal itu saat rapat bersama Komisi V DPR Papua yang membidangi pendidikan, Kamis (22/03).

“Saya baru dengar dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR Papua,” kata Elias Wonda usai rapat bersama Komisi V DPR Papua, pekan lalu.

Menurutnya, ketika rapat bersama assiten III Setda Papua beberapa waktu lalu, pihaknya mengira semua gaji guru selama Januari-Februari 2018 sudah dibayarkan.

Disdik Papua segera berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) provinsi untuk masalah ini, karena dasar pembayaran gaji guru adalah SMA/SMK adalah surat keputuan (SK) mutasi dari kabupaten ke provinsi disertai SKPP.

“Mestinya kabupaten (kota), kepala BKD buat SK, dan kepala Keuangan kabupaten (kota) buat SKPP, kemudian dikirim ke BKD provinsi atas nama gubernur, BKN dan Taspen,” ujarnya.

Katanya, jika semua terpenuhi, dilaporkan ke Badan Keuangan provinsi untuk proses pencairan gaji guru melalui bank. Hingga kini lanjut dia, pembayaran hak guru SMA/SMK di sembilan kabupaten di Papua sudah dilakukan. Empat kabupaten dalam proses, dan 16 daerah lainnya belum sama sekali.

Kendala pembayaran kata Wonda, lantaran belum ada SK dari kabupaten. Pemeritah kabupaten hanya memberikan data asset dan personel ke provinsi, tanpa laporan SK mutasi.

Dikatakan, Dinas Pendidikan provinsi sudah berulang kali mengingatkan pemerintah daerah agar memproses SK mutasi guru SMA/SMK.

“Sudah mulai ada titik terang, ada kebijakan bupati yang menalangi dulu,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

Advertisement