SPLU Pelabuhan Perikanan Merauke untuk Memudahkan Nelayan

SPLU Pelabuhan Perikanan Merauke untuk Memudahkan Nelayan

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti tengah menguji coba SPLU di Pelabuhan Perikanan Merauke, Senin (19/03)

Metro Merauke – Manager PLN Area Merauke, Papua, Hotman Ambarita mengatakan, keberadaan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di pelabuhan perikanan Merauke yang diresmikan, Senin (19/03) disaksikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dan Bupati Merauke, Frederikus Gebze untuk memudahkan nelayan.

Menurutnya, keberadaan SPLU itu, nelayan akan mudah mendapat pasokan aliran listrik dari PLN dan menekan biaya operasional, karena kebutuhan listrik untuk nelayan saat kapal sandar cukup tinggi.

Kondisi ini berimbas pada pengeluaran mereka. Diharapkan, dengan adanya SPLU kesejahteraan nelayan dapat meningkat.

“Rata-rata nelayan berlabuh 10 hari dengan pengeluaran perhari Rp150 ribu untuk Bahan Bakar Minyak (BBM). Dengan adanya SPLU dapat berkurang menjadi Rp45 ribu setiap hari,” kata Ambarita saat peresmian SPLU.

Katanya, pelabuhan perikanan Merauke merupakan lokasi SPLU keempat di wilayah itu. Sebelumnya PLN Merauke telah menempatkan SPLU di Taman Lingkaran Brawijaya, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Aru Merauke.

“Kami berharap bertambahnya SPLU di Merauke makin memudahkan masyarakat mendapatkan listrik di tempat umum, dan mendorong roda perekonomian di daerah,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement