Sepekan Kabur, Napi Lapas Merauke Ditangkap di Jayapura

Sepekan Kabur, Napi Lapas Merauke Ditangkap di Jayapura

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Merauke, Suroto

Metro Merauke – Setelah sepekan kabur, seorang narapidana (napi) binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Merauke, Papua berinisial J ditangkap petugas Lapas Abepura di salah satu mal di Kota Jayapura, Selasa (20/03) sekira pukul 19.00 WIT.

Kepala Lapas Kelas IIB Merauke, Suroto kepada Metro Merauke membenarkan penangkapan napi yang kabur sejak, Minggu (11/03) sekira pukul 14.00 WIT itu.

Menurutnya, setelah berhasil kabur dari Lapas Merauke ke Kota Jayapura, napi ini berencana melanjutkan pelariannya ke Ambon, Maluku. Saat ditangkap kata dia, J yang sedang berbelanja di mal tidak melawan.

“Untuk mengelabui petugas, napi mengubah penampilannya dengan mewarnai rambut dan memakai celana tentara. Sekarang yang bersangkutan sudah diamankan di Lapas Merauke,” katanya, Rabu (21/03).

Kata Suroto, J berhasil kabur dari lapas saat meminta izin membuang sampah di luar lapas. Ia mengakui ada kelengahan petugas lapas dalam kaburnya napi itu, karena ketika itu sedang pertukaran tugas jaga.

Kepada petugas, napi kasus pemerkosaan yang divonis enam tahun penjara itu mengaku, untuk menghindari kejaran petugas sesaat setelah berhasil kabur dari lapas, ia ke Kabupaten Boven Digul kemudian melanjutkan perjalanan Jayapura menggunakan pesawat.

Selama tahuni ini tercatat, sudah tiga kasus pelarian napi dari Lapas Kelas IIB Merauke. Dua napi di antarannya masih dalam pengejaran.

“Saya tekankan seluruh petugas lapas untuk meningkatkan kedisiplinan dan memperketat penjagaan,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement