Kreatifnya Alexander Fleming, Penemu Antibiotik yang Suka Melukis dengan Bakteri

Kreatifnya Alexander Fleming, Penemu Antibiotik yang Suka Melukis dengan Bakteri

Foto: Doc Istimewa

Metro Merauke – Sebagai seorang penemu antibiotik penicillin, jasa Alexander Fleming amatlah besar. Ilmuwan sekaligus dokter yang menemukan antibioitik tersebut tanpa sengaja, telah menyelamatkan banyak nyawa dengan temuannya. Namun, siapa sangka Fleming ternyata memiliki sisi humoris sekaligus berseni tinggi.

Di sela-sela waktunya meneliti, Fleming memiliki hobi melukis. Jiwa seninya tersebut ia tunjukkan lewat karya-karya. Uniknya, ia melukis bukan dengan cat, kanvas, atau alat-alat melukis yang umum digunakan para pelukis.

Sebaliknya, Fleming justru menggunakan bakteri untuk menciptakan lukisan di atas cawan petri. Dari situ, ia menciptakan gambar balerina, rumah, prajurit, dan lainnya.

Melansir dari AmusingPlanet, Fleming ternyata juga merupakan seniman mikroba pertama di dunia. Dengan mengkulturkan berbagai mikroba yang memiliki pigmen aneka warna, ia bisa menciptakan lukisan yang ia inginkan.

Pembuatan lukisan biasa dimulai dengan menempatkan agar-agar pada cawan peti. Selanjutnya, bakteri ditempatkan berdasarkan kelompok dan warna sesuai pola yang diinginkan.

Foto: Doc Istimewa

Butuh ketelitian tinggi untuk membuat detail kecil di lukisan Fleming, itu pun tidak bertahan lama. Lukisan Fleming yang rumit dibuat hanya bisa bertahan beberapa hari.

Malang, pada masa itu sisi kreatifnya tidak cukup dihargai. Bahkan, Ratu Mary yang menguasai Britania Raya pada masa itu, tidak tertarik mendatangi peragaan seni mikroba yang dipersiapkan oleh Fleming.

Setelah kematiannya, ide Fleming justru dikembangkan oleh para ilmuwan. Malahan, terdapat kompetisi tahunan untuk lukisan mikroba tersebut. (Tantri Setyorini)

Sumber: Liputan6

Advertisement