Menteri Susi Senang Kapal Asing Karatan di Pelabuhan Merauke

Menteri Susi Senang Kapal Asing Karatan di Pelabuhan Merauke

Kapal milik PT Sino yang sudah karatan dan berlabu di Pelabuhan Perikanan Merauke | LKF

Metro Merauke – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti mengaku senang setelah melihat beberapa kapal asing yang ditangkap, berlabuh hingga karatan di pelabuhan Merauke, Papua.

“Saya senang melihat beberapa kapal asing yang berlabuh di Pelabuhan Merauke sampai karatan. Mestinya jangan hanya tiga atau empat, bila perlu sampai puluhan jumlahnya,” kata Susi Pudjiastuti saat berdialog dengan ratusan nelayan Senin (19/03).

Dikatakan, selama tiga tahun menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan, pihaknya mulai menertibkan dan menangkap kapal  asing, yang selama beroperasi berahun-tahun, tak pernah melapor dan membayar pajak.

Pemerintah maupun masyarakat katanya, tak mendapatkan  keuntungan sedikit pun.

“Memang ada beberapa pabrik dibangun pihak asing, namun hanya formalitas, sehingga mereka dengan leluasa melakukan penangkapan ikan,” ujarnya.

Bahkan lanjut Susi Pudjiastuti, penangkapan ikan oleh pihak asing merugikan ekosistem lain dalam laut. Selain itu, jaring yang dipasang mencapai hingga 50-an kilometer. Ini merupakan cara kerja nelayan asing dari tahun ke tahun.

“Sekarang saya mendapatkan laporan dari berbagai daerah di Indonesia, kalau nelayan sudah memancing dan menjaring ikan dalam jumlah banyak, setelah moratorium diberlakukan,” katanya. (LKF/Redaksi)

 

Advertisement