Hentikan Kapal Asing Beroperasi, Menteri Susi: Perlu Orang ‘Gila’ Seperti Saya

Hentikan Kapal Asing Beroperasi, Menteri Susi: Perlu Orang ‘Gila’ Seperti Saya

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti saat di Pelabuhan Perikanan Merauke | LKF

Metro Merauke – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI), Susi Pudjiastuti memberikan pernyataan kontroversial saat dialog bersama ratusan nelayan di area Pelabuhan Merauke.

“Kalau ingin berhentikan kapal asing melakukan pencarian ikan di laut Indonesia, perlu orang ‘gila’ seperti saya,” tegas Menteri Susi yang disambut tepuk tangan ratusan nelayan Senin (19/3).

Selama ini, lanjut Menteri Susi, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, selalu bergandengan tangan bersama TNI Angkatan Laut dan beberapa stakeholder lain, melakukan operasi penangkapan nelayan asing yang melakukan pencurian ikan di laut Indonesia.

Dikatakan, dirinya lebih senang jika ikannya mati, dari pada dicuri nelayan asing. Kalau dicuri, dibawa ke negara asalnya. “Itu yang tidak saya inginkan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Susi menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke agar  hasil tangkapan ikan nelayan, dieksport ke Australia.Cost  perjalanan dengan kapal, jauh lebih murah. Lalu, setelah kembali dari Australia, dapat membawa hasil dari sana sekaligus dijual.

“Memang akses membuka antar negara, tidak semudah dibayangkan. Tetapi akan lebih baik pemerintah memprogramkan dan mengurus administrasi lebih lebih lanjut,” saran Menteri Susi.

Menteri Susi juga meminta pemerintah setempat, berkomitmen menjaga kekayaan yang ada di laut Arafura dan sekitarnya.  (LKF)

Advertisement