Situs Bung Hatta di Papua Akan Diperbaiki Tahun Ini

Situs Bung Hatta di Papua Akan Diperbaiki Tahun Ini

Foto: Dok. Humas Kementerian PUPR

Metro Merauke – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berencana memperbaiki kawasan wisata sejarah Situs Bung Hatta yang ada di Kabupaten Boven Digul, Provinsi Papua. Situs tersebut berupa Bangunan Cagar Budaya Bekas Penjara Boven Digul yang menjadi tempat pengasingan Proklamator Indonesia Mochammad Hatta atau Bung Hatta dan para pejuang kemerdekaan Indonesia lainnya.

Keinginan tersebut ia sampaikan ketika dirinya mengunjungi dan melihat langsung kondisi situs Bung Hatta. Turut mendampingi dalam tinjauannya yakni Bupati Boven Digul Benediktus Tambonot.

Menurutnya, rencana perbaikan wisata sejarah tersebut adalah untuk mengenang perjuangan dan jasa-jasa dari Bung Hatta. Basuki juga mengaku ingin menularkan ilmu-ilmu ekonomi kerakyatan yang di pelajari oleh Bung Hatta kepada masyarakat Papua lewat renovasi wisata sejarah tersebut.

“Tentunya banyak sekali ilmu-ilmu yang dipelajari terutama ekonomi kerakyatan, inilah yang ingin ditularkan di Papua,” ujarnya melalui keterangan persnya, Minggu (18/3).

Oleh karena itu Basuki, perbaikan situs bersejarah Bung Hatt tersebut tidak hanya disekitar kawasan penjarannya saja. Pasalnya, pusat kajian Bung Hatta juga akan dibangun didalamnya yang didalamnya akan berisi buku-buku untuk bias dipelajari dan dibaca masyarkat sekitar.

“Perbaikan situs bersejarah Bung Hatta tidak hanya penjaranya saja namun seluruh kawasannya. Termasuk akan dibangun pusat kajian Bung Hatta. Sewaktu beliau akan dibawa kesini syaratnya sebanyak 7 peti bukunya turut dibawa,” ucapnya

Basuki menambahkan, dalam renovasi tersebut dirinya akan dibantu oleh pemerintah Kabupaten Boven Digul yang akan menyediakan ketersediaan lahanya. Sehingga diharapkan penataan kawasan situs Bung Hatta bias dimulai tahun ini.

“Pak Bupati sudah mulai dengan memindahkan kantor Polres yang berada disamping bangunan penjara. Nanti PUPR juga akan bangunkan perumahannya menjadi kesatuan situs ini,” jelas Menteri Basuki.

Sebagai informasi, lokasi Situs Bung Hatta berada di lokasi yang strategis. Karena, letaknya tidak jauh dari Bandara Tanah Merah sehingga akan mudah dijangkau oleh wisatawan. (gir)

Sumber: Okezone

Advertisement