Bupati: SDM Mappi Jangan Kalah Berkompetisi

Bupati: SDM Mappi Jangan Kalah Berkompetisi

Ratusan mahasiswa Mappi tengah mendengarkan arahan Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu di GOR Hiad Sai Merauke | Nuryani

Metro Merauke – Program peningkatan sumber daya manusia salah satu fokus pembangunan saat ini di Kabupaten Mappi, Papua.

“Satu pola yang kita siapkan, memberikan kesempatan kepada putra-putri daerah melanjutkan pendidikan dengan beasiswa daerah,” kata Bupati Mappi, Kristosimus Y Agawemu di hadapan ratusan mahasiswa Mappi di GOR Hiad Sai Merauke belum lama ini.

Menurutnya, untuk memajukan kabupaten yang dijuluki kota sejuta rawa, utamanya dalam menghasilkan SDM Mappi yang terampil demi pembangunan jangka panjang, butuh terobosan baru dan ekstra kerja keras.

Di hadapan ratusan mahasiswa Mappi Bupati Kristosimus Agawemu dan Wakil Bupati H Jaya Ibnu Su’ud  memotivasi putra-putri kabupaten yang dimpimpinnya agar tidak pesimis, minder dalam menjawab persaingan dan kemajuan, sekalipun dihadapkan dengan keterbatasan ekonomi.

“Saat ini babak penuh persaingan, generasi Mappi harus komit bersaing dan jangan kalah berkompetisi dengan lainnya. Jangan karena lapar mematahkan semangat untuk belajar,” pintanya.

Para mahasiswa diingatkan bersemangat menimba ilmu sebaik mungkin serta memanfaatkan dana bantuan studi sesuai fungsinya. “Anak Mappi harus terus belajar untuk perbaiki Mappi di masa depan.”

Kini Pemkab Mappi menyalurkan beasiswa untuk 1.092 pelajar yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. Sebanyak 710 di antaranya sedang menuntut ilmu pada 11 perguruan tinggi di Kabupaten Merauke.

Katanya, beasiswa tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk meringankan biaya studi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Beasiswa ini termasuk untuk mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa berprestasi. (Nuryani)

Advertisement