Empat Kapal Rutin Operasi Layani Masyarakat Asmat

Empat Kapal Rutin Operasi Layani Masyarakat Asmat

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat, Pieter Dalung | LKF

Metro Merauke – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat, Pieter Dallung mengungkapkan, empat kapal bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi, beroperasi rutin melayani masyarakat ke distrik-distrik serta sejumlah kampung lain.

Hal itu disampaikan Pieter saat ditemui Metro Merauke diruang kerjanya pekan lalu.  Keempat kapal tersebut, katanya, merupakan subsidi pemerintah. Hampir setiap hari berlayar ke distrik serta sejumlah kampung yang dapat dijangkau.

“Memang tidak semua kampung di Kabupaten Asmat dijangkau keempat kapal tersebut, lantaran topografi wilayah. Dimana, tak bisa dilalui,” ungkapnya.

Dikatakan, tarif tiket yang diberlakukan kepada setiap penumpang juga tidak mahal. Kisaran antara Rp 10.000-Rp 15.000. Kalau terjauh yakni Distrik Suator, harganya Rp 25.000.

Untuk masyarakat yang akan ke kampung-kampung, jelas dia, terdapat spead bantuan pemerintah.  Sehingga dapat digunakan sebagai sarana transportasi.

“Jadi, keempat kapal itu, rutin beroperasi. Selain membawa penumpang, juga mengangkut hasil alam mereka dari kampung-kampung seperti sayur-sayuran serta umbi-umbian ke kota sekaligus dijual,” katanya. (LKF)

Advertisement