Dua Distrik di Kabupaten Mappi Jadi Sentra Pertanian

Dua Distrik di Kabupaten Mappi Jadi Sentra Pertanian

Wakil Bupati Mappi, Jaya Ibnu Su’ud sedang diwawancarai wartawan | LKF

Metro Merauke – Wakil Bupati Mappi, Jaya Ibnu Su’ud mengatakan,  Distrik Edera dan Distrik Nambiobapai  dijadikan sebagai pusat pertanian maupun perkebunan. Ini disesuaikan dengan potensi lahan yang dimiliki masyarakat  setempat.

Hal itu disampaikan Wabup Ibnu saat ditemui sejumlah wartawan di Hotel Iteze Kamis (15/3). Dikatakan, khusus kampung-kampung di Distrik Edera (Bade), dari dulu telah menjadi pusat pengembangan tanaman karet.
Dalam beberapa tahun terakhir, lanjut wabup, masyarakat  beralih kepada usaha gambir. Karena harga karet  turun, menyesuaikan kondisi pasar.

Namun demikian, lanjut wabup, pemerintah sedang melakukan pembenahan, sehingga hasil perkebunan petani, tidak mengalami kerugian terus setelah panen.

Secara umum, katanya, hasil gambir di masyarakat, dijual kepada pengepul disana. Lalu, diantarpulaukan menggunakan kapal ke Surabaya.

“Memang dalam setahun terakhir, masyarakat  di kampung-kampung di Distrik Edera, lebih fokus kepada gambir. Mereka mencari dihutan, lalu menebang pohon. Selanjutnya mengupas kulit dan mencincang kembali dan dijemur,” tuturnya. (LKF)

Advertisement