Bruder Johny Kilok: Pangan Lokal Harus Dilestarikan

Bruder Johny Kilok: Pangan Lokal Harus Dilestarikan

Masyarakat Wasur Kampung sedang membuat bedeng untuk ditanami sayuran

Metro Merauke – Ketua PSE Keuskupan Agung Merauke, Papua, Bruder Johny Kilok mengatakan, selain mendorong masyarakat di Wasur menanam sayuran, juga akan mengembangkan pangan lokal seperti umbi-umbian, pisang dan jagung.

“Saya berkomitmen mendorong masyarakat menanam umbi-umbian, pisang dan jagung dengan tujuan menjaga kelestarian pangan lokal,” katanya kepada Metro Merauke, Rabu (14/03).

Menurutnya, panganan lokal tak boleh hilang. Harus tetap dikembangkan dari masa ke masa. Apa yang ia programkan itu agar masyarakat tidak hanya berpikir mengkonsumsi nasi.

Katanya, lahan masyarakat Wasur masih sangat luas. Namun kendalanya mereka tidak memiliki peralatan pertanian.

“Kalau ada handtraktor, saya jamin kami dapat membuka lahan dalam skala lebih luas untuk ditanami sejumlah pangan lokal,” ujarnya.

Masyarakat Marind lanjut dia, difokuskan bertani untuk mengajar mereka budaya bekerja. Apalagi alam mereka sangat subur dan memiliki potensi dikelola untuk hal yang bermanfaat.

“Saya ingin mengangkat martabat masyarakat setempat agar dapat bersaing dengan petani lain. Saya berkomitmen terus mendampingi secara kontinyu,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement