Dinkes Papua catat 6.394. kasus TB sepanjang 2017

Dinkes Papua catat 6.394. kasus TB sepanjang 2017

Ilustrasi: paru-paru yang terkena penyakit menular TBC | ANTARA News/Reuters

Metro Merauke – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua mencatat sebanyak 6.394 kasus penyakit tuberkulosis (TB) sepanjang 2017.

“Untuk Provinsi Papua, total kasus TB sepanjang 2017 sekitar 6.394 kasus TB,” kata Kepala Seksi TB dan malaria Dinas Kesehatan Papua Marthen Robaha di Jayapura, Selasa.

Menurut Marthen, angka keberhasilan pengamatan TB baru sekitar 65 persen. Secara penemuan sudah bagus karena sudah melewati target nasional.

Lanjut dia, tetapi untuk menyelesaikan, karena pengobatan TB selama enam bulan, untuk itu harus diawasi selama enam bulan.

Namun, kata Marthen, selalu saja terkendala dibulan kedua, karena kalau pasien TB sudah minum obat maka batuk sudah tidak ada, nafsu makan sudah mulai bagus, sudah tidak ada sesak nafas, badan sudah merasa sehat maka pasien yang bersangkutan sudah tidak minum obat.

“Padahal pasien TB harus minum obat selama enam bulan, nah disitulah kendala kami maka capaian masih 65 persen,” ujarnya.

Ia menyebutkan, target pencapaian TB secara nasional sebanyak 85 persen, sehingga perlu didampingi.

Marthen menambahkan, hingga kini pelaporan kasusTB dari setiap kabupaten secara online tinggal diterima di Dinkes Provinsi. (Musa Abubar)

Sumber: Antara

Advertisement