Guru SMA/SMK di Kota Jayapura Menunggu Realisasi Pelunasan Hak

Guru SMA/SMK di Kota Jayapura Menunggu Realisasi Pelunasan Hak

Salah satu Guru SMK Negeri 3 Kota Jayapura, Angel Bertha Sinaga bersama dua siswinya

Metro Merauke – Hingga kini guru SMA dan SMK yang ada di Kota Jayapura, Papua masih menunggu pemerintah melunasi hak-hak yang belum dibayarkan.

Salah satu Guru SMK Negeri 3 Kota Jayapura, Angel Bertha Sinaga mengatakan, untuk gaji selama tiga bulan terkahir, pihaknya sudah menerima itu, sejak peralihan kewenangan pengelolaan SMA dan SMK dari kabupaten (kota) ke provinsi.

“Gaji itu dibayarkan dengan cara dicicil sebanyak tiga kali, terakhir kami terima, 5 Maret 2018. Tapi ada guru di sekolah lain ada yang belum menerima hak-haknya,” kata Angel Bertha Sinaga kepada Metro Merauke, akhir pekan lalu.

Menurutnya, hak lain yang kini belum diterima guru SMA dan SMK yang ada di Kota Jayapura yakni uang lauk pauk dan tunjangan beras.

“Kalau kami di Kota Jayapura, hak-hak kami lainnya yakni uang lauk pauk (ULP) itu belum dibayarkan, beras juga belum kami terima selama tiga bulan terakhir,” ujarnya.

Komisi V DPR Papua bidang pendidikan dan kesahatan menyatakan, hingga kini belum ada guru SMA/SMK yang mengadu secara resmi kepada pihaknya, pasca peralihan kewenangan pengelolaan SMA dan SMK dari pemerintah kabupaten ke pemerintah provinsi.

Wakil Ketua Komisi V, Maria Duwitauw mengatakan, pasca peralihan itu pembayaran hak dan tunjangan guru belum semuanya rampung.

“Kami Komisi V masih menunggu pengaduan dari guru-guru yang haknya belum dibayarkan,” kata Duwitau.

Menurut dia, komisinya baru dapat mengambil langkah setelah ada pengaduan dari guru. Jika tidak ada pengaduan, pihaknya sulit mencari tahu di mana terhambatnya pembayaran hak-hak guru. (Arjuna/Redaksi)

 

Advertisement