Ini yang Dilakukan Penjabat Gubernur Papua pada Hari Pertama Kerja

Ini yang Dilakukan Penjabat Gubernur Papua pada Hari Pertama Kerja

Penjabat Gubernur Papua, Sudarmo (menggunakan mahkota bulu burung kasuari) ketika tiba di Bandara Sentani, Selasa (26/02) - Jubi/Arjuna

Metro Merauke – Dihari pertama bekerja sebagai penjabat Gubernur Papua, Sudarmo bersilaturahmi ke Kodam XVII/Cenderawasih dan menggelar pertemuan tertutup dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Rabu (28/02).

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas ia butuh dukungan semua pihak. Apalagi yang diinginkan adalah suksesnya pelaksanaan pilkada di Papua.

Selain menyambangi Kodam Cenderawasih dan bertemu Forkopimda, purnawirawan TNI berpangkat mayor jenderal itu juga mengunjungi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan pilkada di Papua tahun ini.

“Setiap masalah dalam penyelenggaraan pilkada harus ada solusinya, sehingga pesta demokrasi berlangsung aman dan lancar, dan tupoksi KPU dapat berjalan maksimal,” katanya.

Ia berharap, semua lapisan masyarakat Papua menerima kehadirannya mengantikan Gubernur Papua, Lukas Enembe yang kini cuti di luar tanggungan negara.

Katanya, ia mengemban tugas yang diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selain melaksanakan pemerintahan dengan melibatkan semua mitra di antaranya DPRP, MRP dan semua Forkopimda.

Ia juga akan berkoordinasi dengan semua kepala suku untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pilkada damai, aman dan berintegritas di Papua.

“Tugas kedua menfasilitasi pilkada tahun ini supaya aman, lancar dan sukses. Ketiga, saya harus mampu menjaga dan memelihara ketertiban dan ketentraman masyarakat di Papua,” ujarnya.

Tugas lain yang diemban Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu, melaksanakan pengisian jabatan apabila itu harus segera dilakukan, namun harus seizin Mendagri.

“Juga menetapkan perda kalau memang ada yang harus ditetapkan, berkerjasama dengan DPRP dan seizin Mendagri,” katanya. (Redaksi/Arjuna)  

Advertisement