Legislator Papua: Usut Penyelundup Senpi ke Papua

Legislator Papua: Usut Penyelundup Senpi ke Papua

Anggota Komisi I DPR Papua, komisi yang membidangi politik, hukum, dan keamanan, Emus Gwijangge

Metro Merauke – Anggota Komisi I DPR Papua, komisi yang membidangi politik, hukum, dan keamanan, Emus Gwijangge meminta aparat keamanan di Papua mengusut siapa di balik penyelundupan senjata api (senpi) ke bumi cenderawasih.

Ia mengatakan, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Enaldus Supit menyatakan, mendapat informasi senpi yang kini beredar di Papua berasal dari Filipina dan Papua Nugini (PNG), sehingga perlu ditelusuri mengapa begitu gampang masuk ke Papua.

“Pertanyaan saya, senpi ini dari mana? Kalau diselundupkan kenapa bisa gampang masuk. Siapa yang selama ini menjual senpi. Harus diungkap siapa di balik itu,” kata Emus, Selasa (20/2).

Menurutnya, Senin (19/02) Kodam Cenderawasih menggelar barang bukti 74 senpi laras panjang dan pendek, rakitan maupun organik yang berhasil diamankan pihak TNI selama 2017. 80 persen merupakan senpi yang diserahkan masyarakat dan sisanya disita ketika terjadi kontak senjata dengan kelompok bersenjata.

“Di Papua ini tidak ada pabrik senjata. Senpi ini alat negara, untuk mempertahankan negara. Jangan dijual belikan di masyarakat. Siapa pun yang terlibat dalam jual beli senpi ini harus diungkap,” ujarnya.

Kata Emus, ia tetap mendukung apa yang dilakukan pihak TNI, namun aktor di balik peredaran senpi itu harus diungkap, agar tidak timbul berbagai persepsi di masyarakat.

“Tidak menutup kemungkinan berbagai pihak terlibat. Karena kalau itu senpi selundupan, kenapa bisa lolos begitu saja masuk ke Papua,” ucapnya.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Enaldus Supit ketika gelar barang bukti di Kodam, Senin (19/02) mengatakan, telah memerintahkan prajuritnya meningkatkan pengawasan dan pengamanan di daerah perbatasan, sebagai langkah antisipasi masuknya senjata ilegal ke Papua.

“Memang agak sulit untuk menemukan, namun kami terus berusaha,” kata Mayjen TNI George Enaldus Supit. (Arjun)

Advertisement