Akses Internet Terganggu, SMAN 3 Jadi Idola

Akses Internet Terganggu, SMAN 3 Jadi Idola

Suasana simulai pelaksanaan UNBK siswa SMP Satu Atap Wasur di SMA Negeri 3 Merauke, Jumat (16/02)

Metro Merauke – Gangguan akses internet di Kabupaten Merauke, Papua selama beberapa pekan terakhir membuat Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Merauke menjadi idola mereka yang membutuhkan akses internet.

Meski jaringan internet di wilayah Merauka terganggung akibat putusnya kabel optik bawah laut, namun hal itu tidak berlaku di SMAN 3. Sekolah itu menggunakan very small aperture terminal (VSAT) atau satelit, yang merupakan bantuan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

“Dengan fasilitas VSAT, kami dapat melaksanakan simulasi ujian nasional berbasis komputer di sini,” kata wakil kepala sekolah SMAN 3 Merauke bidang kesiswaan, Agus Mulyono, Jumat (16/02).

Simulasi ujian berbasis online yang secara bertahap telah dilaksanakan di SMAN 3 Merauke, SMK 2 Merauke, dan SMP Negeri Satu Atap Wasur Merauke tetap berlangsung tanpa hambatan.

Menurutnya, bantuan VSAT itu sangat membantu pihak sekolah dan sekolah lainnya, untuk kebutuhan internet. Bahkan di SMAN 3, kini sementara dijadikan wartawan di Merauke sebagai lokasi mengirim berita ke kantor redaksi mereka.

Proktor Utama UNBK SMKN 3 Merauke, Dere Jalu Putro Nuswantoro mengatakan, untuk mengatasi masalah akses internet, pihaknya mencari sekolah yang menggunakan VSAT, karena tidak terpengaruh dengan gangguan jaringan internet.

“Akhirnya kami bisa melaksanakan simulasi kepada siswa yang akan mengikuti UNBK,” tandasnya.

Ia berharap, masalah jaringan internet di Merauke segera teratasi, agar segala aktifitas yang berkaitan dengan internet kembali normal. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement