KPS Tak Hambat Rujukan OAP dari Merauke ke Jayapura

KPS Tak Hambat Rujukan OAP dari Merauke ke Jayapura

Direktur RSUD Merauke,dr. Navil Muskita

Metro Merauke – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Merauke, Papua, Navil Muskita mengatakan, pihaknya belum tahu nominal anggaran Kartu Papua Sekat (KPS) tahun ini, namun bukan halangan merujuk orang asli Papua (OAP) dari wilayah itu ke RSUD Dok II Jayapura, ketika butuh penanganan medis lanjutan.

Menurutnya, ada tidaknya anggaran KPS dari Pemprov Papua, tidak menghambat pelayanan kesehatan kepada masyarakat asli Papua di RSUD Merauke, karena ini merupakan program rutin.

“Kuota rujukan orang asli Papua tahun ini sebanyak 63 pasien, sama seperti tahun  lalu. Total anggaran untuk pasien rujukan berkisar Rp1 miliar lebih,” kata Navil Muskita, Rabu (14/02).

Kata dia, setiap tahunnya dana KPS berkisar Rp7-8 miliar, termasuk untuk pasien rujukan, empat hingga lima persen untuk jasa pelayanan, dan Rp3-4 miliar untuk pembelian obat-obatan, pelayanan darah dan kebutuhan lainnya.

“Tahun lalu, 100 persen dana untuk pasien rujukan terserap habis. Tahun ini kalau ada dana KPS yang disiapkan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, akan sangat membantu pelayanan kesehatan kepada masyarakat asli Papua, tidak mampu,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement