Gangguan Jaringan, Penetapan Paslon Bupati Mimika Ditunda

Gangguan Jaringan, Penetapan Paslon Bupati Mimika Ditunda

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi

Metro Merauke – Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengatakan, akibat gangguan jaringan internet, pleno penetapan pasangan calon (paslon) kepala daerah Kabupaten Mimika, yang mestinya dilaksanakan, Senin (12/02), ditunda selama beberapa hari ke depan.

“Dua distrik terakhir dalam kota saat akan diupdate ke sistem informasi calon (silon), jaringan eror. Ganguang internet,” katanya, Selasa (13/02).

Menurutnya, KPU telah meminta rekomendasi kepada badan pengawas pemilu (Bawaslu) untuk memberikan kesempatan kepada KPU, selama beberapa hari ke depan.

“Sementara tidak bisa lanjut. Itu bagian teknis yang tidak bisa dihindari,” ucapnya.

Katanya, penetapan paslon kepala daerah di tujuh kabupaten di Papua yang akan melaksanakan pilkada serentak tahun ini, berlangsung aman. Namun terdapat tiga kabupaten menghadirkan calon tunggal.

“Kabupaten Jayawijaya satu pasangan calon, Kabupaten Mamberamo Tengah satu pasangan calon, dan Kabupaten Puncak satu pasangan calon,” katanya.

Ia mengatakan, satu paslon ini ditetapkan KPU kabupaten karena bakal calon lain tidak memenuhi syarat. Di Kabupaten Jayawijaya yang dinyatakan memenuhi syarat dan ditetapkan sebagai paslon yakni pasangan John Richard Banua-Marthin Yogobi.

Kabupaten Puncak pasangan Willem Wandik-Alus U. K. Murib, dan Kabupaten Mamberamo Tengah pasangan Ham Ricky Pagawak-Yonas Kenelak. (Arjuna Pademme)

Advertisement