Kaibu: Masyarakat Komolom Hanya Makan Kelapa Kering

Kaibu: Masyarakat Komolom Hanya Makan Kelapa Kering

Kondisi di Distrik Kimaam, Kabupaten Merauke, Papua saat banjir rob beberapa waktu lalu

Metro Merauke – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Papua, Moses Kaibu mengatakan, sejak beberapa pekan tarakhir, masyarakat Kampung Komolom, Distrik Kimaam hanya mengkonsumsi kelapa kering.

Menurutnya, kondisi ini ia temukan saat mengunjungi kampung itu belum lama ini. Sejak beberapa pekan terakhir masyarakat Komolom yang berjumlah kurang lebih 100 kepala keluarga, kesulitan bahan makanan, setelah bajir rob (air laut pasang) merendam tanaman umbi-umbian mereka.

“Ini kondisi sesungguhnya yang terjadi,” kata Moses Kaibu kepada Metro Merauke akhir pekan lalu.

Katanya, ia telah menghubungi Wakil Bupati Merauke, Sularso meminta bantuan bahan makanan berupa beras, untuk dikirim ke wilayah itu.

“Saya berharap agar ada bantuan beras secepatnya, sehingga masyarakat tidak terancam kelaparan, karena cadangan bahan makanan mereka sudah tak ada,” ucapnya.

Selain itu, diharapkan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Merauke memiliki data pasti berapa kampung dan distrik yang rawan bencana. Ini sangat penting agar ketika ada bencana, langsung ditindaklanjuti. (LKF/Arjuna Pademme)

Advertisement