Deputi Kemenko Polhukam Kunjungi Perbatasan RI-PNG

Deputi Kemenko Polhukam Kunjungi Perbatasan RI-PNG

Asisten Deputi Bidang Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Perbatasan Kemenko Polhukam, Jenderal TNI Yasid S, Didampingi Kasdim 1707/Merauke, Mayor Bobi

Metro Merauke – Asisten Deputi Bidang Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Perbatasan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI, Jenderal TNI Yasid S bersama rombongannya, mengunjungi perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), yang ada di wilayah Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura, Papua.

Ia mengatakan, kunjungan ini dalam rangka pemantuan lapangan terkait implementasi kebijakan  di wilayah perbatasan, guna memperoleh data faktual  tentang kondisi pertahanan dan keamanan, serta pelaksanaan pembangunan di kawasan perbatasan Jayapura dan Merauke.

“Ini sebagai bahan masukan kepada Menko Polhukam dalam sinkronisasi dan penyusunan kebijakan bidang wilayah perbatasan,” kata Yasid S di Kodim 1707/Merauke, Kamis (08/20).

Menurut dia, pihaknya secara langsung memantau pembangunan di wilayah perbatasan. Melihat realisasi pembangunan dan program yang dilakukan sejak tahun lalu, dan kondisi lapangan kesiapan rencana pembangunan Pos Lintas Batas di Distrik Sota, Kabupaten Merauke tahun ini.

“Hasil peninjauan di lapangan, akan kami laporkan ke Menko Polhukam. Untuk situasi keamanan, masih aman tidak ada yang menonjol,” ujarnya.

Katanya, Kemenko Polhukam bertugas mengawasi semua aspek pembangunan di perbatasan, dan memiliki program yang di dalamnya ada rencana induk, rencana tahunan di wilayah Papua, dan Merauke secara khusus.

Ia juga meminta media berperan menginformasikan segala kejadian atau perubahan yang terjadi di daerah, terutama di wilayah perbatasan RI-PNG, serta perbatasan dengan negara tetangga lainnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement