Hanya Ada Satu Guru di SD YPK Alatep, Merauke

Hanya Ada Satu Guru di SD YPK Alatep, Merauke

Kepala Kampung Alatep, Jeiana Maula Gebze

Metro Merauke – Kepala Kampung Alatep, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Papua, Jeina Maula Gebze mengatakan, kini hanya ada satu guru yang mengajar untuk enam kelas di Sekolah Dasar (SD) YPK Alatep.

Ia mengatakan, dari delapan guru, kini tersisa satu guru kontrak yang bertahan melaksanakan tugas di SD itu. Tujuh lainnya, termasuk kepala sekolah, Marthen Saetapy hingga kini meninggalkan tugas.

“Memang hanya tersisa satu guru yang harus merangkap enam kelas. Itu pun tidak fokus dilaksanakan, karena yang bersangkutan hanya sendiri,” katanya kepada Metro Merauke, Rabu (07/02).

Menurutnya, kepala sekolah dan guru lain meninggalkan tugas tidak hanya sebulan atau dua bulan, namun sudah menjelang dua tahun tak pernah ke tempat tugas.

Masalah ketidak hadiran guru di tempat tugas lanjut dia, sudah disampaikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Merauke, tetapi jawaban dinas meminta pihaknya bersabar.

“Padahal sudah disiapkan faslitas seperti rumah dinas. Namun mereka tetap ke kota dengan berbagai alasan tak jelas,” ujarnya.

Kini pihaknya sedang memikirkan merekrut dua hingga tiga tenaga guru honorer, untuk mendidik siswa belajar membaca dan menulis.

“Saya akan sisihkan sedikit dana desa untuk membayar operasional guru honor setiap bulan, asalkan ada yang bersedia tinggal di kampung  mengajar anak-anak setiap hari,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement