TNI Pasang Peralatan Komunikasi untuk Menjangkau Pedalaman Asmat

TNI Pasang Peralatan Komunikasi untuk Menjangkau Pedalaman Asmat

Tim dari Satuan Komunikasi dan Elektronika (Satkomlek) TNI di bawah pimpinan Kapten Chb Edy Sunanto melakukan pemasangan peralatan komunikasi untuk menjangkau kawasan pedalaman di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Senin (5/2) | Foto: Pendam XVII/Cenderawasih

Metro Merauke – Tim dari Satuan Komunikasi dan Elektronika (Satkomlek) TNI di bawah pimpinan Kapten Chb Edy Sunanto melakukan pemasangan peralatan komunikasi untuk menjangkau kawasan pedalaman di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

Dalam rilis Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih yang diterima Antara Papua, Senin (5/2), disebutkan bahwa peralatan komunikasi itu dipasang di Posko Satgas Kesehatan TNI di Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat, yang terhubung dengan peralatan di seluruh distrik di Kabupaten Asmat.

Adapun peralatan komunikasi yang dipasang terdiri dari VSAT yang dipasang di Posko Satgaskes TNI, dan Repiter Icom FR 6000 yang dipasang di Distrik Agats, Sawa Erma dan Ewer.

Selain itu, Radio Rig Icom yang dipasang di Distrik Agats dan Sawa Erma, dan SSB dilengkapi dengan solar cell yang dipasang di 22 titik, serta Radio Roip dan 44 Radio HT Icom yang dipegang oleh tim dokter dan para medis.

Juga dipergunakan sebanyak 18 unit telepon genggam satelit, yang diberikan kepada petugas di 18 titik.

Dengan penguatan peralatan komunikasi tersebut, dapat dilakukan “teleconference” dari Mabes TNI ke Posko Satgas Kesehatan TNI.

Diharapkan penyampaian informasi maupun berita dapat dilakukan secara cepat dari tim dokter dan paramedis yang ada di Distrik ke Posko Satgas Kesehatan TNI, dan dilanjutkan ke Mabes TNI maupun disampaikan ke instansi terkait. (*/adv)

Sumber: Antara

Advertisement