Kadis Dukcapil Merauke Tutup Usia

Kadis Dukcapil Merauke Tutup Usia

Suasana rumah duka di Jalan Mangga Dua, Kelurahan Kalapa Lima, Kota Merauke, Papua

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua berduka, lantaran kehilangan sosok pejabat di lingkungan pemerintahannya, Minggu (04/02).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Merauke, Dominikus Yomkondo menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum (RSUD) Merauke.

Pria kelahiran Distrik Kombut, Kabupaten Boven Digul 1958 silam itu, meninggal dunia akibat penyakit jantung yang dideritanya sejak beberapa tahun terakhir.

Almarhum meninggalkan dua orang anak yang kini remaja. Sedangkan istri almarhum sudah terlebih dahulu meninggal dunia satu tahun lalu.

Semasa mengemban tugas birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Merauke, Dominikus Yomkondo dikenal bersahaja dan murah senyum.

Salah satu kerabat almarhum, Kansius Yomkondo mengatakan, selain menempati jabatan strategis di birokrasi, Dominikus Yomkondo aktif dalam sejumlah organisasi.

Katanya, keluarga tidak mendapatkan firasat apa pun menjelang kepergian almarhum untuk selamanya. Apalagi sebelum menghembuskan nafas terakhir, almarhum berencana mengikuti rapat koordinasi (rakor) di luar daerah.

“Rencana Selasa, almarhum berangkat ikut rakor di luar daerah. Beberapa hari lalu melakukan bersih-bersih rumah sendiri. Tapi Jumat, usai pulang kantor sudah mengeluh sakit dan langsung istirahat di kamar,” ujarnya.

“Saya sendiri mendapatkan kabar almarhum meninggal dunia dari keluarga, padahal dua hari sebelumnya almarhum meminta saya memperbaiki lampu di rumahnya” ucapnya lagi.

Menurut Kansius Yomkondo, Minggu (04/02), penyakit jantung almarhum kambuh. Almarhum berinisiatif menelpon ambulans untuk menjemputnya dari rumah ke RSUD Merauke.

“Sempat dilarikan ke UGD, namun almarhum tidak mau dipasang peralatan medis, untuk mendeteksi penyakitnya dan minta pulang ke rumah,” katanya.

Sejak pagi hari, terlihat para pelayat berdatangan ke rumah duka di Jalan Mangga Dua, Kelurahan Kalapa Lima, Kota Merauke. Pelayat terdiri dari kerabat, tetangga, pejabat hingga staf Dinas Dukcapil.

Tampak pula hadir mantan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Rencananya, almarhum dikebumikan di halaman rumahnya, Selasa (06/02) pukul 14:00 WIT. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement