Pemkab Merauke Diingatkan Segera Tangani Korban Banjir Waan

Pemkab Merauke Diingatkan Segera Tangani Korban Banjir Waan

Ilustrasi masyarakat di Distrik Waan, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Salah satu tokoh masyarakat Distrik Waan, Kabupaten Merauke, Papua, Dominikus Ulukyanan mengingatkan pemerintah kabupaten segera menangani masyarakat beberapa kampung di distrik itu, yang menjadi korban banjir rob (air laut pasang) beberapa pekan terakhir.

Ia mengatakan, kini kondisi masyarakat mengkhawatirkan pascabanjir. Mereka kekurangan bahan makanan. Jika tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan akan berdampak semakin luas dalam berbagai aspek.

“Apakah pemerintah mesti melihat ada korban jiwa baru dianggap bencana. Mestinya ada dana stabilitas yang digunakan dalam keadaan seperti ini. Bahan makanan yang akan dikirim ke Waan jumlahnya sangat terbatas, tidak sebanding dengan jumlah korban yang ada,” ucapnya kepada Metro Merauke, Sabtu (03/0).

Ia juga menyayangkan ada yang menganggap, kritikan terhadap pemerintah kabupaten terkait banjir di Waan adalah ajang pencitraan jelang tahun politik.

“Itu salah besar, ini masalah kemanusiaan, dan perlu menjadi perhatian bersama, sehingga penilaian dan anggapan itu harus ditepis,” ujarnya.

Selain melakukan penggalangan dana untuk membantu paa korban, tim peduli bencana masyarakat Waan juga akan menggelar hearing dengan berbagai pihak terkait, untuk membahas masalah dan penanganan Waan.

“Ini supaya semua pihak terkait memperoleh pemahaman yang sama, terhadap permasalahan yang dialami masyarakat di Waan,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement