KKP Ajak Nelayan Merauke Lestarikan Laut

KKP Ajak Nelayan Merauke Lestarikan Laut

Penyerahan bantuan untuk nelayan di Merauke yang oleh anggota Komisi IV DPR RI, H Sulaeman L Hamzah

Metro Merauke – Direktur Pelabuhan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Frits Penehas Lessnusa mengajak nelayan di Kabupaten Merauke, Papua terus menjaga kelestarian laut, karena memiliki potensi sumber daya alam yang besar.

Ia mengatakan, pemerintah melakukan proteksi laut melalui Perpres No 44 Tahun 2016. Dalam aturan itu ditegaskan usaha penangkapan ikan tertutup untuk asing.

“Artinya ikan Indonesia hanya untuk nelayanan Indonesia,” kata Frits ketika melakukan kunjungan kerja ke Merauke, Jumat (02/02).

Menurutnya, Indonesia sebagai negara maritim untuk pembangunan kelautan dan perikanan yakni kedaulatan, berkelanjutan dan kesejahteraan.

“Harus diimbangi dengan keberhasilan menegakkan pilar kesejahteraan nelayan. Ini tugas bersama, salah satunya diwujudkan melalui keberpihakan kegiatan dan anggaran KKP, yang sepenuhnya untuk menyentuh aktivitas masyarakat,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Merauke, Frits Penehas Lessnusa menyerahkan beragam bantuan dari KKP untuk nelayan Papua. Bantuan itu antara lain alat penangkapan ikan sebanyak 73 paket, kapal perikanan 42 unit, premi asuransi sebesar 8.928, serta lanjutan pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT) Merauke dengan biaya senilai Rp41.508 miliar.

Kunjungan kerja Direktur Pelabuhan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ke Merauke, dihadiri anggota Komisi IV DPR RI, H Sulaeman L Hamzah dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Fransiscus X Mote. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement