Hindari Berbagai Penyakit, Masyarakat Diingatkan Hidup Bersih

Hindari Berbagai Penyakit, Masyarakat Diingatkan Hidup Bersih

Kepala Puskesmas Samkai, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua, dr. Roike D. Djou

Metro Merauke – Berbagai penyakit dapat timbul karena gigitan nyamuk di antaranya malaria, demam berdarah, dan kaki gajah.

Kepala Puskesmas Samkai, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua, dr. Roike D. Djou mengatakan, untuk itu masyarakat harus membiasakan pola hidup bersih dan sehat, baik makanan, tubuh, pakaian, tempat tinggal, peralatan yang akan dipakai dan lingkungan sekitar tempat tinggal.

“Ini untuk menghindari beberapa penyakit yang bisa tertular dari gigitan nyamuk,” kata dr. Roike D. Djou di ruang kerjanya, Kamis (01/02).

Menurutnya, hal lain yang perlu dilakukan adalah menggunakan kelambu, anti nyamuk dan tidak membiarkan nyamuk berkembangbiak pada penampungan air bersih, menabur bubuk abate, mengubur kaleng atau wadah tempat jentik nyamuk berkembangbiak.

“Tubuh yang sehat dimulai dari lingkungan keluarga, lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujarnya.

Namun ia mengingatkan, gigitan nyamuk bukanlah salah satu penyebab penularan HIV-AIDS. Penyakit mematikan itu menular melalui kontak antara cairan tubuh manusia, misalnya hubungan intim, kontak darah, melalui air susu ibu jika ibu menyusui mengidap HIV. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement