Pemindahan Napi dari Lapas Merauke Berakhir Ricuh
Hukum & Kriminal

Pemindahan Napi dari Lapas Merauke Berakhir Ricuh

Aparat kepolisian ikut dikerahkan amankan sejumlah napi yang mengamuk di Lapas Klas II B Merauke

Metro Merauke – Pemindahan seorang narapidana (napi) dari Lembaga Pemasyarakatan Klas II Merauke, Papua ke Lapas Klas IA Abepura, Kota Jayapura, Rabu (31/01), berakhir ricuh. Sejumlah napi berteriak dan membuat keributan, tidak terima rekan mereka dipindahkan ke lapas lain.

Kepala Lapas Merauke, Suroto mengatakan, keributan yang terjadi sekira pukul 18.30 WIT itu, dipicu rencana pemindahan salah satu napi kasus pencurian dengan kekerasan, Rudi Alkatiri yang divonis 11 tahun penjara ke Lapas Abepura, Kamis (1/02).

“Yang bersangkutan memprovokasi teman-temannya untuk membuat keributan supaya tidak dipindahkan. Rudi Alkatiri terpaksa kami pindahkan karena membuat masalah, dan keluarga korban minta supaya yang bersangkutan tidak ada di Merauke,” kata Suroto kepada Metro Merauke, Rabu (31/01).

Menurutnya, ketika terjadi kericuhan, para napi menolak masuk ke dalam selnya. Mereka justru melawan petugas lapas. Untuk menenangkan situasi, pihak lapas meminta bantuan pengamanan dari Polres Merauke. Setalah dilakukan pendekatan, para napi akhirnya bersedia kembali ke sel tahanan.

“Untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, Rudi Alkatiri dititipkan sementara di tahanan Polres Merauke,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Post Comment