Akibat Banjir, Pendidikan di Beberapa Kampung Lumpuh

Akibat Banjir, Pendidikan di Beberapa Kampung Lumpuh

Kondisi banjir yang terjadi di Distrik Waan

Metro Merauke – Sejumlah kampung di Distrik Waan, Kabupaten Merauke, Papua kembali terendam bajir akibat air laut pasang, menyebabkan aktivitas perkantoran dan pendidikan di derah yang terdampak bajir lumpuh sejak, Rabu (31/01).

Kepala Distrik Waan, Benediktus Priyadi via telepon selularnya mengatakan, kini daerah yang terdampak banjir semakin luas. “Mulai dari pusat Distrik Waan, Kampung Tor, Sabon hingga Kladar, menjadi daerah yang paling parah,”katanya, Rabu (31/01).

Menurutnya, kondisi ini membuat pelayanan publik di Waan terganggu. Warga khawatir, dampak gerhana bulan juga mempengaruhi tinggi gelombang, yang kembali melanda Distrik Waan.

Mengantisipasi hal ini, petugas medis di Waan diharapkan selalu siaga melakukan penanganan terhadap warga yang sakit. Bantuan bahan makanan yang dikirim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merauke, belum tiba di Waan.

“Karena cuaca buruk, kapal pengangkut bahan makanan belum diizinkan berlayar ke Waan,” ujarnya.

Beruntung lanjut dia, masih tersedia beras sejahtera (rastra) yang dapat dimanfaatkan, hingga bantuan bahan makanan tiba. “Jumlah rastra masih cukup dan akan kami drop ke kampung-kampung sesuai kebutuhan,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement