Siswa St. Fransiskus Xaverius Kunjungi Perbatasan

Siswa St. Fransiskus Xaverius Kunjungi Perbatasan

Pengenalan tugu dan patok perbatasan wilayah RI-PNG di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Siswa kelas VI SD St. Fransiskus Xaverius 2 Merauke, Papua mengunjungi Distrik Sota, wilayah perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), Minggu (28/01).

Ini merupakan program tahunan SD St. Fransiskus melalui karya wisata. Di sana, siswa dijelaskan bagaimana menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tapal batas, aturan yang harus dipenuhi masyarakat kedua negara, ketika hendak pergi ke negara tetangga. Siswa juga mengunjungi patok perbatasan dan bermain bersama di Titik 0 (nol), yang merupakan destinasi wisata di Sota.

“Ini supaya anak-anak lebih mengenal daerah perbatasan, dan hubungan kerjasama antara negara RI dan PNG,” kata ketua karya wisata, Maria Skolastika Jamlean, mewakili Kepala SD St. Fransiskus, Sr.M. Edmunda M. Renwarin, Senin (29/01).

Menurutnya, semua peraturan dan ketentuan di lintas batas, dijelaskan oleh satgas pengamanan perbatasan. Pihak koramil dan kepolisian di Distrik Sota, juga menjelaskan peran dan fungsi masing-masing.

“Pengalaman anak semakin meningkat, dengan berbagai ilmu baru yang belum mereka ketahui,” ujarnya.

Katanya, usai kegiatan siswa diminta membuat laporan hasil pelaksanaan atau pengamatan ketika melaksanakan karya wisata, dalam pelajaran bahasa indonesia. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement