Kadis Pertanian Merauke: Tak Ada Penimbunan Pupuk Bersubsidi

Kadis Pertanian Merauke: Tak Ada Penimbunan Pupuk Bersubsidi

Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Merauke, Eddy Santoso

Metro Merauke – Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Papua, Eddy Santoso menyatakan, hingga kini tak ada penimbunan pupuk subsidi di tingkat distributor maupun pengecer.

“Kami mempunyai tim khusus melakukan pengawasan pupuk dan pestisida di kampung-kampung, saat akan disuplai kepada petani,” kata Santoso kepada Metro Merauke, Jumat (26/01).

Menurutnya, permintan kuota pupuk ke Provinsi Papua tahun ini sebanyak 36 ribu ton lebih. Hanya saja, setelah surat keputusan provinsi diterima pihaknya, permintaan yang diakomodir hanya berkisar 9.000 ton lebih.

“Saya sedang menyiapkan surat permintaan tambahan pupuk subsidi ke provinsi, karena jatah yang diberikan masih sangat kurang. Padahal, luasan lahan yang dibuka mencapai 56 ribu hektar,” ujarnya.

“Memang tahun lalu, awalnya diberikan 7.000  ton lebih pupuk. Namun setelah ada usulan lagi, akhirnya ditambah oleh pihak provinsi, sehingga jumlah pupuk bersubsidi ketika itu mencapai 10.000 ton lebih,” ucapnya lagi.

Diharapkan , tahun ini ada penambahan lebih banyak, mengingat lahan yang dibuka juga mengalami peningkatan.

“Saya memahami keluhan petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. Itu semata-mata karena kuota yang diminta ke provinsi, tidak sesuai diberikan,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement