Empat Penjual Minol Lokal di Merauke Divonis Bersalah

Empat Penjual Minol Lokal di Merauke Divonis Bersalah

Suasana persidangan pelanggar Perda tentang ketertiban umum di Pengadilan Negeri Merauke

Metro Merauke – Empat terdakwa penjual minuman beralkohol (minol) lokal di Kota Merauke, Papua divonis bersalah pada sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Merauke, Jumat (26/01).

Dalam sidang yang dipimpin Majelis Hakim, Kornelis Waroi itu, dua terdakwa  WM (30) divonis denda Rp2,5 juta dan subsider dua bulan penjara, dan YR (23) dengan denda Rp1,5 juta dan subsider 20 hari kurungan.

Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum, Satuan Polisi Pamong Praja Merauke, Decky Awerem mengatakan, para terdakwa terbukti melanggar Pasal 40 Ayat 1 dalam Perda No 06 Tahun 2017 tentang Ketertiban Umum

“Satu di antara empat terdakwa merupakan residivis. Ia pernah terjerat kasus serupa, 2016 lalu dan kembali tertangkap tahun ini. Tentu sanksinya lebih berat,” katanya kepada wartawan saat persidangan.

Ke depan, pihaknya akan meningkatkan razia minol di wilayah hukumnya, sebagai salah satu upaya menekan peredaran minol dan angka kriminal di Kabupaten Merauke.

Kasatpol PP Merauke, Elias Refra mengatakan, sidang perdana kasus minol lokal tahun ini, merupakan langkah yang baik untuk memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa penegakan perda minol akan menyeret para pelaku hinngga ke meja hijau.

“Tujuannya supaya para pembuat maupun pengedar minol tidak lagi mengulangi perbuatannya,” ucap Refra. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement