Pembukaan Lahan Bercocok Tanam di Merauke Meningkat

Pembukaan Lahan Bercocok Tanam di Merauke Meningkat

Kadis Pertanian Merauke, Edy Santoso

Metro Merauke – Pembukaan lahan bercocok tanam di Kabupaten Merauke, Papua tahun ini meningkat menjadi 56.296.000 hektar, dibandingkan tahun sebelumnya, seluas 49.000 lebih hektar.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Edy Santoso mengatakan, selain pembukaan lahan sawah untuk ditanami padi, juga ada area yang akan ditanami kedelai seluas 521 hektar, jagung seluas 1.580 hektar, kacang tanah seluas 692 hektar, kacang hijau 196 hektar, singkong 867 hektar, ubi jalar 938 hektar, keladi 394 hektar dan kumbili 171 hektar.

“Namun hingga kini, baru 15.000 hektar lahan yang ditanami padi. Itu disebabkan curah hujan yang tidak menentu. Saya kira semua orang mengetahui kalau hujan baru terjadi dalam beberapa pekan terakhir,” kata Edy kepada Metro Merauke, Rabu (24/01).

Menurutnya, ia terus berkoordinasi dengan penyuluh pertanian lapangan (PPL), agar memotivasi petani segera menanam, sehingga tidak mengalami keterlambatan.

“Untuk sarana infrastruktur seperti saluran irigasi, terus dilakukan perbaikan di berbagai tempat yang menjadi sentra pertanian, dengan tujuan agar petani tidak mengalami kesulitan ketika areal sawah telah ditanami padi,” ujarnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement