Legislator Sebut Ada yang Ingin Papua Tidak Aman

Legislator Sebut Ada yang Ingin Papua Tidak Aman

Anggota Komisi I DPR Papua, komisi bidang hukum dan keamanan, Emus Gwijangge

Metro Merauke – Anggota Komisi I DPR Papua, komisi bidang hukum dan keamanan, Emus Gwijangge mengatakan, belakangan ini beragam aksi kriminal terjadi di Papua. Seakan ada pihak yang tidak ingin Papua aman.

Ia mengatakan, aksi kriminal itu diantaranya, pembunuhan yang dilakukan orang tak dikenal, kecelakaan lalu lintas dimana kebanyakan pelaku tak diketahui identitasnya, karena kabur dari lokasi kejadian.

“Masyarakat tidak tahu apa-apa menjadi korban. Angka kriminal di Papua sepertinya meningkat awal tahun ini,” kata Emus, Rabu (24/01).

Menurutnya, meski kini tahun politik lokal di Papua, menjelang pemilihan gubernur dan wakil gubernur, juga kepala daerah tujuh kabupaten, namun aksi kriminal itu tak ada kaitannya dengan pilkada.

“Ini bukan karena politik, tapi seakan ada satu design untuk menghilangkan nyawa orang asli Papua, khususnya. Kalau soal pilkada, saya pikir tidak ada kaitannya. Tapi ada oknum yang seakan tidak mau Papua aman, supaya bisa dijadikan proyek untuk mendapat keuntungan,” ujarnya.

Katanya, cara-cara seperti yang selalu memperkeruh situasi di Papua. Aparat keamanan mestinya dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Sekarang masyarakat seakan enggan keluar rumah karena takut. Ini tidak boleh terus terjadi. Masyarakat harus merasa nyaman dan aman, dalam beraktivitas,” katanya. (Arjun)

Advertisement