Kampung Bersehati Erom, Sentra Pengembangan Ubi Jalar

Kampung Bersehati Erom, Sentra Pengembangan Ubi Jalar

Masyarakat di Kampung Bersehati Erom, Distrik Tanah Miring

Metro Merauke – Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Papua, Edy Santoso mengatakan, Kampung Bersehati Erom, Distrik Tanah Miring, menjadi sentra pengembangan ubi jalar dari tahun ke tahun.

“Setiap tahun, ada peningkatan luasan lahan pengembangan tanaman ubi jalar. Tahun ini mencapai 100 lebih hektar,” ujarnya kepada Metro Merauke, Rabu (24/01).

Menurutnya, secara umum masyarakat Bersehati Erom memanfaatkan lahan mereka mengembangkan ubi jalar, karena sangat berpotensi, mendatangkan hasil baik, ketika sudah dipanen dan dijual.

Katanya, dalam beberapa tahun terakhir, ubi jalar dari Erom tidak hanya dijual di Kota Merauke, juga sudah dikirim ke beberapa kabupaten di selatan Papua, bahkan sampai Provinisi Maluku.

“Ubi yang lebih banyak dikembangkan adalah yang berwarnah ungu. Kwalitas tidak diragukan, sehingga dapat diterima pasar di daerah lain. Ini menjadi perhatian khusus Pemkab Merauke, untuk terus dikembangkan. Selain di Erom, juga di beberapa kampung lokal lain,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement