Pemkab Merauke Belum Terima Dana Pembangunan Venue PON

Pemkab Merauke Belum Terima Dana Pembangunan Venue PON

Stadion Katalpal Kabupaten Merauke - IST

Metro Merauke – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Merauke, Papua, St Tukilo mengatakan, hingga Pemprov Papua belum memberikan dana, mendukung pembangunan dan renovasi venue PON XX, 2020 ketika Papua menjadi tuan rumah.

Ia meminta pemprov menseriusi pembangunan venue PON di wilayah itu,  di antaranya stadion Katalpal, karena Merauke merupakan salah satu klaster, yang akan menyelenggarakan beberapa pertandingan cabang olahraga (cabor).

“Memang sudah pernah dilakukan monitoring dan survei oleh provinsi mengenai kesiapan PON, termasuk melihat sarana yang akan digunakan, stadion Katalpal Merauke, tapi tidak ada tindaklanjutnya lagi,” katanya kepada wartawan, Senin (22/01).

Ia khawatir dengan kondisi ini, karena pelaksanaan even empat tahunan itu, tidak lama lagi, namun hingga kini belum terlihat progres positif. Padahal untuk suksesi penyelenggaraan PON XX, dibutuhkan anggaran yang cukup besar.

Namun anggaran menyiapkan venue PON di Merauke yang diperkirakan mencapai ratusan miliar rupiah, belum dicairkan, sehingga pemerintah kabupaten sulit melakukan persiapan.

“Kami di Merauke sudah ajukan sekitar Rp300 miliar untuk kebutuhan venue, salah satunya Katalpal yang harus renovasi dan pembangunan venue baru, sehingga benar-benar siap digunakan,” ucapnya.

Dari sisi kesiapan atlet lanjut dia, Merauke telah siap mendukung PON XX Papua dengan sejumlah atlet berprestasinya untuk mendukung PON XX di Papua.

“Ketika PON XIX di Jawa Barat, sejumlah atlet Merauke mampu menyumbangkan medali untuk Papua. Sekarang bagaimana dengan sarana dan fasilitas olahraganya?” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement