Empat Kapal Aset Pemkab Merauke akan Dihapuskan

Empat Kapal Aset Pemkab Merauke akan Dihapuskan

Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze

Metro Merauke – Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze mengatakan, empat kapal aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke yang selama ini dikelola pihak ketiga, PT Pelayaran Musamus, kini dalam pengurusan penghapusan aset.

Menurutnya, pertimbangan penghapusan empat kapal itu sebagai aset daerah, karena kondisinya sudah rusak parah. Tidak layak lagi beroperasi.

Katanya, empat aset yang akan dihapuskan yakni KM Lady Mariana, KM Muli Anim, Tongkang BBM 100 dan Yelmasu 100, untuk sementara kini berada di Ambon, Provinsi Maluku.

“Kami berusaha untuk penghapusan aset, supaya tidak ada catatan aset, menambah beban temuan dalam neraca laporan keuangan,” ucap Bupati Merauke di Bandara Mopah, sekembalinya melihat kondisi kapal dari Ambon, Senin (22/1).

Dikatakan, sebelum penghapusan aset, ada tata cara atau prosedur yang harus dilakukan. Bupati dan Tim KSO Merauke sudah berkoordinasi dengan Lantamal Ambon, KSOP Kelas I Ambon, dan Badan Sertifikasi Penghapusan Kapal Indonesia, untuk mendapat rekomendasi penghapusan aset itu.

“Pada prinsipnya, kami sudah melakukan proses, semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama, kami sudah menyelesaikan semua,” ujarnya.

Ketidak seriusan pihak ketiga mengelola aset kapal Pemkab Merauke sesuai MoU lanjut Freddy Gebze, akan diserahkan kepada penegak hukum, supaya diproses guna menyelesaikan kewajiban PT Pelayaran Musamus. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement