PPNS Satpol PP Provinsi Papua Studi Banding ke Merauke

PPNS Satpol PP Provinsi Papua Studi Banding ke Merauke

Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Merauke, Papua, Dicky Awerem

Metro Merauke – Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Merauke, Papua, Dicky Awerem mengatakan, 2017 lalu ada dua penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) Satpol PP Provinsi Papua, melakukan studi banding penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2014 tentang pemberantasan miras ke Kabupaten Merauke.

Menurutnya, selama studi banding, kedua PPNS Satpol PP provinsi itu, mengikuti proses pemeriksaan terhadap para pelaku di kantor Satpol PP Merauke hingga dibawa  ke pengadilan untuk disidangkan.

“Dua hari mereka mempelajari tahapan memproses para pelaku  yang memproduksi dan menjual minuman beralkohol lokal, maupun minuman berlabel,” katanya kepada Metro Merauke, Jumat (19/01)

Katanya, penyidik dari provinsi kagum cara kerja PPNS Satpol PP Merauke, dalam penanganan proses hukum para pelaku minuman beralkohol.

“Ada kebanggaan khusus dari kedua penyidik PNS itu, lantaran sekretariat PPNS yang terbentuk pertama di Papua adalah Kabupaten Merauke,” ucapnya.

Ia mengatakan, roh penegakan suatu perda, ada pada penyidik PNS. Tanpa penyidik, penegakan perda tak berjalan maksimal.

Di Kabupaten Merauke, proses hukum penegakan sejumlah perda dilakukan hingga tuntas. Pelaku diproses sampai ada putusan pengadilan dan membayar denda atau menjalani hukuman penjara. (LKF/Arjuna)

Advertisement