Idealnya, Setiap Kelurahan di Merauke Miliki TPS Sampah

Idealnya, Setiap Kelurahan di Merauke Miliki TPS Sampah

Para petugas sampah yang sedang melakukan aktivitas di TPS mengangkut sampah

Metro Merauke – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Papua, Harmini mengatakan, idealnya di setiap kelurahan di kabupaten itu memiliki tempat penampungan sementara (TPS) sampah.

Selain itu, di setiap RW memiliki penampungan berukuran kecil, untuk warga membuang sampahnya, sebelum diangkut petugas untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Bokem.

“Yang terjadi selama ini, ada keengganan warga jika dibangun TPS di tengah permukiman, dengan alasan memunculkan aroma kurang baik. Saya sayangkan nasih banyak warga membuang sampah di tempat yang dilarang,” kata Harmini, Rabu (17/01).

Untuk TPS yang dulunya berada di seputaran kompleks Dinas Pekerjaan Umum (PU) menurutnya, terhitung sejak Januari, telah dipindahkan ke Jalan Dorem Kai-KPG, Kelurahan  Samkai, karena daerah itu berdekatan dengan gedung negara, juga permukiman padat penduduk, dan dilalui banyak orang setiap hari.

“Daerah TPS sekarang tak ada bangunan rumah, baik di belakang maupun di samping. Kalaupun besok-besok ada warga membangun, harus ikut menyesuaikan juga. Rata-rata tiap keluarga membuang sampah dalam sehari berkisar dua hingga tiga kilogram,” ucapnya.

Katanya, jumlah tersebut belum dihitung sampah pada hari raya keagamaan atau kegiatan besar lain, yang jumlahnya mengalami peningkatan drastis. (LKF/Arjuna)

Advertisement