5 Tips Efektif Mengusir dan Membunuh Semut Di Rumah

5 Tips Efektif Mengusir dan Membunuh Semut Di Rumah

Copyright Pixabay.com

Metro Merauke – Siapa yang tidak kesal ketika dapur dan ruangan-ruangan di rumah jadi banyak dikelilingi semut? Dari mana sebenarnya datangnya mereka, sepertinya dalam sehari saja sudah ada lebih dari ratusan semut. Bukan hanya mengganggu, semut juga sering mengerumuni sampah dan makanan.

Jika hal ini terjadi di rumah, ini yang bisa kamu lakukan agar semut mati dan pergi.

1. Semprotan serangga
Cari ke mana mereka pergi, biasanya semut punya pola berjalan yang ujungnya menuju ke rumah atau tempat persembunyian mereka. Beli satu kaleng semprotan serangga dan semprot di setiap alur jalan semut serta rumahnya.

2. Air sabun dan air
Jika tak suka bau semprotan serangga, ada cara lain mengusir semut, yaitu menggunakan campuran sabun cuci piring dan air dengan jumlah sabun lebih banyak. Kocok di dalam botol semprot dan semprotkan sabun di sarangnya dan di tempat-tempat yang sering dilewati semut.

3. Cuka/lemon dan air
Jika semprotan serangga lebih berbahaya dan perlu disimpan agar tidak mudah dijangkau anak-anak, ada cara lebih aman mengusir semut, apalagi untuk area dapur. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan sama. Semprotkan di sarang mereka, di bagian yang sering didatangi semut, dan semua area dapur secara umum. Campuran ini lebih aman terutama untuk area dekat makanan.

4. Kapur semut
Untuk mencegah semut datang kembali, lindungi beberapa tempat dengan menggariskan kapur semut di area yang diinginkan, seperti meja makan, barisan botol, dan lain sebagainya. meski memang cara ini terkadang tidak begitu efektif dan membuat dapur jadi tampak kotor, tapi bisa dicoba karena tidak meninggalkan bau.

5. Bubuk kayu manis dan cengkeh
Untuk mengusir secara alami, tanpa perlu air dan lebih aman untuk makanan, kamu bisa menaburkan bubuk kayu manis dan menempatkan beberapa cengkeh di beberapa tempat di area bumbu dan makanan yang sering dicari semut.

Itu dia sekian cara mengusir semut di rumah, biasanya semut mudah mati jika terkena alkohol, atau cairan-cairan kimia lain yang berbahaya seperti parfum, hair spray dan lainnya. Untuk mencegah semut datang kembali, jangan lupa untuk menjaga kebersihan. Bersihkan rumah secara teratur ya. (vem/feb)

Sumber: Vemale

Advertisement