DPKN RI: Bantuan Perumahan, Gratis

DPKN RI: Bantuan Perumahan, Gratis

Dede Afrizal, SNUT PEnyediaan Perumahan Provinsi Papua (kaos garis garis) di dampingi Sultan Agung Bintang IX Dewan Pemersatu Kesultanan Kerajaan Nusantara RI (DPKN-RI), Abdul Azis Riambo saat menjelaskan aturan pembangunan bantuan perumahan melalui Kementrian PUPR

Metro Merauke – Sultan Agung Bintang IX Dewan Pemersatu Kesultanan Kerajaan Nusantara RI (DPKN-RI), Abdul Azis Riambo menegaskan, bantuan perumahan layak huni dari pemerintah pusat kepada masyarakat yang membutuhkan, sepenuhnya gratis. Menurutnya, warga yang terdata sebagai penerima, tidak dipungut biaya untuk mendapatkan rumah bantuan itu.

Pihaknya berharap, masyarakat di Merauke waspada kalau ada pihak-pihak tertentu yang meminta pungutan biaya bantuan perumahan itu.

“Provinsi Papua, termasuk Merauke menjadi perhatian pemerintah pusat untuk didorong kemajuannya, salah satunya lewat realisasi pemberian bantuan perumahann sesuai usulan warga,” katanya di hadapan aparat kampung dan warga Kampung Sumber Rejeki, Distrik Kurik, Selasa (16/1).

Katanya, salah satu daerah yang direncanakan sebagai lokasi pembangunan 500 unit rumah yakni lima kampung di Distrik Jagebob

“Namanya bantuan rumah dari pemerintah pusat tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis sampai rumah jadi dan siap dihuni,” ucapnya.

Warga lanjut dia, harus waspada kalau ada yang menawarkan bantuan perumahan, kemudian meminta sejumlah uang sebagai biayanya.

“Itu tidak benar, perlu diwaspadai.  Memberikan informasi dan pemahaman yang tepat kepada masyarakat dengan tujuan, ke depan tidak ada pihak yang dirugikan,” katanya.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua mengatakan hal yang sama.

“Cukup aparat kampung menyiapkan administrasi teknisnya saja. Tidak ada namanya dipungut biaya sedikit pun, sampai rumah jadi,” kata satuan non vertikal (SNVT) penyedia perumahan Provinsi Papua, Dede Afrizal. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement