DKPN-RI Diminta Dorong Peningkatan Tipe Rumah Bantuan di Papua

DKPN-RI Diminta Dorong Peningkatan Tipe Rumah Bantuan di Papua

Sultan Agung Bintang IX Dewan Pemersatu Kesultanan Kerajaan Nusantara RI (DPKN-RI), Abdul Azis Riambo mengabadikan kunjungan bersama jajaran pemerintah dan masyarakat Kampung Sumber Rejeki, Distrik Kurik

Metro Merauke – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua berharap, Sultan Agung Bintang IX Dewan Pemersatu Kesultanan Kerajaan Nusantara RI (DPKN-RI), Abdul Azis Riambo menyuarakan dan mendorong aspirasi masyarakat yang berharap peningkatan ukuran rumah bantuan, dari tipe 36 menjadi 45.

Menurut Dede Afrizal, dukungan DPKN RI langsung ke Presiden RI untuk meningkatkan tipe rumah bantuan, sangat diperlukan.

Salah satu alasan perlunya peningkatan ukuran perumahan bantuan di Merauke, tingkat kebutuhan di wilayah Papua umumnya, dimana ada lebih dari satu keluarga tinggal serumah.

“Sesuai ketentuan Nasional, bantuan perumahan melalui PUPR dengan tipe 36. Memang kami akui, untuk di Papua tipe itu bisa kurang ideal,” kata Dede saat melakukan pertemuan bersama tim DPKN-RI dengan warga dan aparat Kampung Sumber Rejeki, Distrik Kurik, Selasa (17/1).

Kata dia, dalam berbagai kesempatan, pihaknya telah berulang kali mengusulkan peningkatan tipe kepada pemerintah pusat. Tapi usulan itu sampai sekarang belum pernah tembus.

“Sekarang harapannya, Sultan Abdul Azis yang sudah turun langsung ke Merauke, dapat mengkomunikasikan ini pada tingkat pusat,” ucapnya.

Dikatakan, bantuan perumahan di Papua dengan tipe 36, untuk keluarga yang sudah jadi, atau disebut rumah tumbuh.

“Pembangunan rumah tipe 36 dilakukan di atas kapling seluas 13 x 15 meter persegi, sedangkan bangunan rumahnya sendiri berukuran 6 x 6 meter persegi.

Kepala Kampung Sumber Rejeki, Distrik Kurik, Slamet Pramoto juga berharap, selain peningkatan tipe rumah, warga juga mengusulkan bantuan rumah layak huni dibangun permanen, supaya lebih tahan lama dan nyaman.

Menanggapi aspirasi itu, Sultan Agung Bintang IX Dewan Pemersatu Kesultanan Kerajaan Nusantara RI (DPKN-RI), Abdul Azis Riambo berjanji, sekembalinya dari Merauke akan berupaya menyampaikan langsung hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

“Kalau sudah ada suara langsung dari warga, tentu akan kami dorong ke pusat,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement