PLN Akan Aliri Listrik 27 Desa di Papua

PLN Akan Aliri Listrik 27 Desa di Papua

Ilustrasi : penerangan dengan listrik di rumah warga | Antara/Nova Wahyudi

Metro Merauke – Manajemen PT PLN Area Jayapura mengungkapkan pihaknya segera melistriki 27 desa di Kabupaten Jayawijaya karena sebenarnya hal tersebut merupakan target pada 2017.

“Selama 2017 kami (PLN) telah melistriki 54 desa tersebar di seluruh Papua, dari target sebanyak 81 desa. Sisa 27 desa yang belum terlistriki tersebut, berada di Kabupaten Jayawijaya yang saat ini dalam tahap pengiriman tiang listrik dan material pendukung lainnya,” ujar Manager PLN Area Jayapura, John S Yarangga, di Jayapura, Senin (15/1).

Ia menyebut setidaknya 27 desa tersebut akan terlistriki sebelum akhir semester I 2018 karena pihaknya juga memiliki target lain di 2018.

“Tahun ini kami juga ditargetkan oleh PT PLN Wilayah Papua dan Papua Barat untuk melistriki sebanyak 206 desa/kampung yang baru, yang berlokasi di Kabupaten Sarmi, Jayapura, Jayawijaya dan beberapa kabupaten pemekaran lainnya,” kata dia seperti dilansir dari Kantor Berita Antara.

Jhon menjelaskan cukup tingginya target yang diberikan pada tahun ini dikarenakan ini adalah periode terakhir untuk program listrik masuk desa yang merupakan implementasi dari program “Papua Terang”.

Ia mengakui bila untuk merealisasikan target tersebut tidak mudah karena pihaknya memiliki kendala untuk memobilisasi peralatan yang harus diangkut menggunakan pesawat berbadan kecil.

“Kita ketahui bersama bahwa, sulitnya mobilisasi dan kondisi lain di beberapa kabupaten di Papua ini yang harus dilalui melalui moda transportasi udara dan laut mengakibatkan realisasi listrik masuk desa itu sedikit terkendala,” katanya.

“Akan tetapi kondisi tersebut tidak membuat semangat kita surut, kita optimis semua desa yang belum terlistriki itu, akan bisa menikmati listrik di tahun ini,” kata Jhon. (***/Juaz)

Sumber: Akurat/Antara

Advertisement