Legislator Papua Ajak Polda Menata Ulang Izin Pertambangan

Legislator Papua Ajak Polda Menata Ulang Izin Pertambangan

Legislator Papua, John NR Gobai (tengah) bersama Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar

Metro Merauke – Legislator Papua, John NR Gobai mengajak Kapolda Papua dan jajarannya bersama DPR Papua dan Dinas ESDM Provinsi Papua menata ulang izin pertambangan di Papua.

Ia mengatakan, izin tambang harus dibereskan, karena hingga kini terjadi tumpang tindih.

Jumat (12/1), ia bertemu Kapolda Papua, menyampaikan hasil kunjungan kerjanya di Nifasi, Kabupaten Nabire. Ada temuan yang terkait masalah hukum, diduga melibatkan perusahaan serta investor.

Salah satu perusahaan di Nabire, PT PMJ diduga membagikan lahan untuk beberapa orang melakukan ekplorasi. “Ini merupakan ranah Polda. Kami pilah, yang ranah hukum ke Polda, yang ranah DPRP kami laporkan ke ketua DPRP,” ujar Gobai, Jumat (12/1).

Pihaknya meminta Polda menghentikan upaya hukum terhadap masyarakat atas laporan pengusaha, karena jika penegakan hukum dilakukan, oknum pengusahan di Nifasi seharusnya diperiksa juga.

“Kalau mau turunkan tim atas laporan pengusaha, pengusaha itu juga melanggar hukum. Perusahaannya berpoduksi, padahal izinnya eksplorasi,” katanya.

Kata Gobai, langkah tepat yang perlu dalakukan adalah penataan kembali aturan yang ada, karena bagaimana mungkin dilakukan penegakan hukum, jika produk hukumnya kacau.

“Kami akan usulkan rapat internal DPRP, supaya dilakukan rapat dengar pendapat dengan Polda dan Dinas ESDM provinsi, karena DPRP perlu berperan dalam masalah ini. Kalau perlu bentuk pansus penataan aturan,” ucapnya. (Arjuna Pademme)

Sumber: tabloidjubi.com

Advertisement