Pascabanjir, Masyarakat Terserang Penyakit

Pascabanjir, Masyarakat Terserang Penyakit

Ilustrasi masyarakat di Distrik Waan

Metro Merauke – Masyarakat beberapa kampung di Distrik Waan, Kabupaten Merauke, Papua mulai terserang berbagai penyakit, pascabanjir rob atau air laut pasang yang melanda kampung mereka.

Salah satu warga Distrik Waan,  Edmundus Tanamuya mengatakan, bajir telah surut, namun kini masyarakat beberapa kampung terserang penyakit gatal-gatal, batuk dan demam.

“Warga yang terserang penyakit mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Beruntung sejumlah tenaga medis yang bertugas di puskesmas dan pustu, berada di tempat tugas, sehingga sigap memberikan pelayanan,” kata  Edmundus Tanamuya via teleponnya kepada Metro Merauke, Kamis (11/1).

Menurutnya, warga terserang beberapa jenis penyakit lantaran kondisi lingkungan pascabanjir, umumnya lembab. Kondisi itu diperparah dengan mulai minimnya persedian bahan makanan.

“Hasil kebun dan tanaman di lahan-lahan sudah busuk dan kering terendam air asin. Warga sudah kesulitan bahan makanan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, Adolf JY Bolang mengatakan, penyakit lain yang perlu juga diwaspadai masyarakat pascabanjir, salah satunya adalah diare.

“Terlebih jika ketersediaan air bersih di sana (Waan) minim,” kata Bolang. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement