Pejabat OPD Merauke Disarankan Sering Turun Kampung

Pejabat OPD Merauke Disarankan Sering Turun Kampung

Ilustrasi pelantikan pejabat di lingkungan Pemkab Merauke

Metro Merauke – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Merauke, Papua, Moses Kaibu menyarankan para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Merauke, sesering mungkin turun kampung untuk mendengar langsung aspirasi masyarakat.

Ia mengatakan, dengan begitu pejabat OPD dapat menjabarkan visi dan misi Bupati-Wakil Bupati Merauke, Frederikus Gebze-Sularso, juga program yang dibuat sesuai harapan dan keinginan masyarakat di kampung.

“Jika perencanaan pembangunan tak sesuai kebutuhan di kampung, justru akan mengundang polemik,” kata Kaibu kepada Metro Merauke, Selasa (9/1).

Menurutnya, secara umum masyarakat di beberapa kampung adalah orang asli Papua, sehingga mereka harus didatangi langsung untuk mendengar keluhan mereka.

“Memang ada dana desa digelontorkan pemerintah pusat, namun perlu juga peran pemerintah untuk pembangunan lain, termasuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang harus digenjot,” ucapnya.

Ia menilai, kehidupan orang asli Papua di kampung dari tahun ke tahun, tak pernah mengalami kemajuan. Padahal dana otonomi khusus untuk mereka, nilainya sangat besar. (LKF/Arjuna)

Advertisement