Lukmen, Pasangan Bakal Cagub Papua Pertama Daftar ke KPU

Lukmen, Pasangan Bakal Cagub Papua Pertama Daftar ke KPU

bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Papua petahana, Lukas Enembe-Klemen Tinal (Lukmen) ketika akan mendaftar ke KPU Papua, Selasa (9/1)

Metro Merauke – Pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Papua petahana, Lukas Enembe-Klemen Tinal (Lukmen), menjadi pasangan bakal calon pertama yang mendaftar ke KPU Papua, Selasa (9/1), dengan diiringi ribuan pendukungnya.

Dalam sesi konferensi pers usai pendaftaran, Lukas Enembe mengatakan, tanggal pendaftaran ia pasangannya, sesuai kesepakatan partai politik pengusung Lukmen yang tergabung dalam koalisi Papua Bangkit jilid II.

“Semua persyaratan diteruskan ke Jakarta secara online untuk diperiksa, dan berkas kami dinyatakan memenuhi syarat, untuk menuju tahap selanjutnya, yakni pemeriksaan kesehatan, Rabu (10/1), di RSUD Dok II Jayapura,” kata Lukas Enembe.

Menurutnya, antusias masyarakat yang mengantar pasangan Lukmen mendaftar ke KPU Papua, bukan karena kemauan pihaknya, namun inisiatif masyarakat.

“Kalau dilihat, masyarakat ingin kami menjadi gubernur dan wakil gubernur periode kedua. Kami bukan memaksakan diri, tapi rakyat yang mau. Ini keinginan rakyat Papua,” ujarnya.

Lukas Enembe juga yakin, koalisi parpol pendukung akan tetap solid, meski dukungan kurang lebih 76 persen partai politik yang memiliki keterwakilan di DPR Papua, terbilang cukup banyak, dan rawan menimbulkan perpecahan.

“Kalau sudah koalisi, saya pikir tidak ada masalah, karena ini keinginan pimpinan parpol. Ini koalisi yang di dalamnya merupakan partai politik pendukung pemerintah, selain PDI Perjuangan. Semua koalisi Jokowi ada di kami. Jadi saya pikir tidak akan menyeberang kemana-mana,” ucapnya.

Ketua DPW NasDem Papua yang merupakan ketua tim koalisi Papua Bangkit jidil II, Mathius Awoitauw mengatakan, secara nasional pimpinan parpol telah menetapkan dukungannya. Dukungan itu telah diproses secara online ke tingkat pusat saat pendaftaran ke KPU, sehingga tidak dapat beralih kepada kandidat lain.

“Sembilan partai politik pengusung Lukas Enembe-Klemen Tinal sudah harga mati, dan tidak akan kemana-mana lagi,” kata bupati Jayapura itu. (Arj)

Advertisement