Legislator Merauke akan Temui Bupati Terkait Nasib Masyarakat Waan
Cakrawala

Legislator Merauke akan Temui Bupati Terkait Nasib Masyarakat Waan

Ilustrasi masyarakat di Distrik Waan

Metro Merauke – Legislator Kabupaten Merauke, Moses Kaibu berencana bertemu Bupati Merauke, Frederikus Gebze, untuk membahas bantuan terhadap masyarakat beberapa kampung di Distrik Waan.

Ketua Komisi A DPRD Merauke itu mengatakan, ia akan meminta bantuan untuk masyarakat beberapa kampung di Distrik Waan, setelah lahan pertanian dan perkebunan mereka terendam air laut yang pasang, sehingga gagal panen.

“Saya akan bertemu bupati Merauke, karena informasinya, hingga kini masyarakat belum mendapatkan bantuan beras dari pemerintah,” kata Kaibu kepada Metro Merauke, Selasa (9/1).

Menurutnya, setiap tahun sering terjadi gelombang pasang, yang menyebabkan tanaman umbi-umbian siap panen milik masyarakat rusak.

“Kalau air tawar yang merendam, mungkin masih ada harapan masyarakat memanen umbi-umbian. Tetapi ini air laut, sehingga umbi-umbian rusak semua,” ujarnya.

Katanya, dibandingkan beberapa tahun silam, ketika air pasang pemerintah langsung merespons dengan mengirim beras, karena telah disiapkan khusus.

“Setahu saya, tahun ini tidak disiapkan, sehingga belum juga dikirim ke masyarakat di beberapa kampung di Distrik Waan,” katanya.

Salah seorang warga dari Kampung Wetau, Nikolaus Mouwen mengatakan, terkadang gelombang pasang terjadi pada Maret, namun tahun ini pada Januari.

“Masyarakat juga kaget. Beruntung gelombang terjadi siang hari,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Post Comment