Cegah Politik Uang, Masyarakat Perlu Diberi Pemahaman

Cegah Politik Uang, Masyarakat Perlu Diberi Pemahaman

Ketua DPAC Partai NasDem Distrik Muting, Kabupaten Merauke, Papua, Abdul Karim

Metro Merauke – Ketua DPAC Partai NasDem Distrik Muting, Kabupaten Merauke, Papua, Abdul Karim mengatakan, untuk mencegah politik uang dalam dunia politik, masyarakat perlu diberi pemahaman.

Ia mengatakan, sejarah politik dari masa ke masa, tidak terlepas dari politik uang. Tidak ada uang, seseorang tidak berani menyatakan diri siap menjadi bakal calon legislatif atau kepala daerah.

“Ini menjadi tugas semua yang ada dalam dunia politik, menjelaskan kepada masyarakat supaya tidak melihat uang, namun figur para calon pemimpin yang pantas untuk dipilih,” kata Abdul Karim, Senin (8/12).

Menurutnya, masyarakat perlu diajak memiliki cara pandang positif. Melihat calon yang punya kemampuan, tidak hanya berbicara, namun dapat merealisasikan dengan tindakan, sehingga yang dipilih adalah orang-orang yang memahami dan mampu berbuat untuk rakyat kecil.

Katanya, mereka yang merasa sudah menjadi figur di masyarakat, lebih cenderung memilih jalur independen, tanpa dukungan partai politik, dalam perhelatan politik.

“Sebab orang tersebut sudah banyak berbuat di lapangan dan banyak dikenal masyarakat. Namun harus memahami tentang hukum yang benar, supaya tidak gagal akibat permainan politik,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement