Xiaomi Mi A1 Mulai Kebagian Update Android Oreo

Xiaomi Mi A1 Mulai Kebagian Update Android Oreo

Xiaomi Mi A1 | Liputan6/Iskandar

Metro Merauke – Pengguna smartphone Android One Xiaomi Mi A1 boleh bersukacita. Pasalnya, smartphone Android One pertama dari perusahaan asal Tiongkok ini mulai kebagian update OS Android Oreo 8.0.

Hal ini diumumkan Xiaomi Indonesia lewat akun Twitternya @xiaomiindonesia pada 31 Desember 2017.

“Kejutan akhir tahun! Untuk pengguna Mi A1, sebentar lagi update yang sudah ditunggu-tunggu akan datang! Tapi pastikan dulu kalau kamu sudah punya update terbaru di Desember 2017 (7.12.19) buat menerima Andoid O,” kicau akun Twitter Xiaomi.

Sementara itu, berdasarkan laporan yang Tekno Liputan6.com kutip dari Phone Arena, Senin (1/1/2018), karena hadir dalam jajaran smartphone Android One, Xiaomi Mi A1 termasuk sebagai salah satu smartphone yang paling awal mendapat update Android Oreo.

Sebelumnya, Xiaomi memang menjanjikan smartphone-nya yang telah rilis di sejumlah negara Asia (termasuk Indonesia) dan beberapa negara di Eropa ini bakal mendapat update Android Oreo sebelum akhir tahun.

Xiaomi pun menepati janjinya dengan merilis pembaruan OS Android Oreo 8.0 tepat pada akhir tahun, yakni 31 Desember 2017.

Hadirkan Kemampuan Fast Charging
Sebelumnya, pada awal bulan ini, Xiaomi sudah meluncurkan program beta untuk pembaruan Android Oreo di Mi A1. Sejumlah fitur anyar pun disebut-sebut hadir dalam pembaruan ini.

Sejumlah fitur yang dilaporkan bakal hadir adalah kemampuan pemindaian sidik jari yang lebih cepat dan fitur dual-SIM yang ditingkatkan. Terkini, laporan seputar fitur anyar di pembaruan Android Oreo di Mi A1 kembali muncul.

Dilansir GSM Arena, dalam beta build yang baru dirilis, ternyata Xiaomi membenamkan pula dukungan fast charging. Dengan kata lain, fitur pengisian daya cepat kemungkinan besar akan hadir di pembaruan ini.

Laporan itu juga menyebut pembaruan dalam Oreo ini membuat waktu aplikasi dimuat lebih cepat, termasuk sisi animasi yang lebih baik. Sejumlah fitur itu tentu menambah daftar fitur standar di Oreo, seperti adaptive icons dan PiP mode.

Sayangnya, Xiaomi sendiri belum mengungkap jadwal pasti peluncuran pembaruan ini. Namun, perusahaan telah menjanjikan pembaruan Android Oreo akan tiba sebelum akhir tahun ini, yang berarti hanya dalam hitungan hari.

Kepastian pembaruan ini bukan hal aneh mengingat Mi A1 merupakan hasil kerja sama Xiaomi dengan Google dalam program Android One. Karenanya, smartphone ini dipastikan akan mendapat pembaruan sistem operasi termutakhir.

Spesifikasi Mi A1
Mi A1 hadir dengan desain yang identik dengan Mi 5X. Ia mengusung layar 5,5 inci Full HD 2,5D berbalut material Corning Gorilla Glass.

Adapun rangka bodinya tetap mengadopsi konsep unibody dengan lekukan pinggir melengkung. Secara keseluruhan, bodi Mi A1 dibalut dengan material aluminium yang membuatnya tampak lebih elegan.

Menyoal dapur pacu, Mi A1 dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core, RAM 4GB, dan memori internal 64GB yang bisa diekspansi dengan kartu microSD.

Kamera merupakan fitur yang diunggulkan Xiaomi pada Mi A1. Kamera utama smartphone ini memiliki dua lensa beresolusi 12MP (megapiksel), dengan satu lensa berfungsi untuk wide-lens, dan satunya lagi khusus telephoto.

Tak lupa, dalam smartphone ini tersemat fitur keamanan fingerprint scanner. Mi A1 dijual di Authorized Mi Store dan Lazada Indonesia seharga Rp 3.099.000.

Selain tiga varian warna yang sebelumnya sudah hadir, yakni rose gold, black, dan gold, Desember lalu Xiaomi juga menghadirkan Mi A1 varian warna merah dengan spesifikasi dan banderol harga yang sama. (Tin/Jek)

Sumber: Liputan6

Advertisement