Pemkab Merauke Prioritaskan Pembangunan Daerah Perbatasan

Pemkab Merauke Prioritaskan Pembangunan Daerah Perbatasan

Titik nol perbatasan RI-PNG, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke, Papua akan memprioritaskan pembangunan daerah perbatasan RI-Papua Nugini (PNG).

Wakil Bupati Merauke, Sularso mengatakan, pihaknya bersama pemerintah pusat telah merencanakan pengembangan wilayah perbatasan. Kini pemerintah sedang merencanakan dan akan memprogramkan pengembangan daerah perbatasan, khususnya di Distrik Sota.

Rencana pembangunan itu di antaranya tugu perbatasan, pengembangan pasar perbatasan, infrastruktur perbatasan, termasuk jalan dan pagar tapal batas perbatasan.

“Kami merasa bersyukur, sebab destinasi wisata perbatasan merupakan salah satu pilihan berlibur masyarakat. Dengan padatnya pengunjung saat liburan, perlu disiapkan sarana prasarana, termasuk kebutuhan tempat parkir,” kata Sularso, Selasa (2/1).

Menurutnya, kedepan diharapkan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan seluruh masyarakat Sota, dapat mengambil peran dalam pengembangan wisata perbatasan, termasuk dalam pengelolaan lingkungan.

“Kami ingin ke depan, masyarakat di kampung-kampung mampu mengembangkan potensi wilayahnya, saatnya nanti diharapkan ada kampung mandiri di Kabupaten Merauke,” ucapnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement